RSS

Membuat Ad-Hoc di Windows 8/8.1 Menggunakan Batch File

04 Jan

Ad-Hoc via Batch File in Windows 8/8.1

Fig 1. Ad-Hoc via batch bile in Windows 8/8.1

Hello guys!

Udah lama engga nulis blog lagi, karena sedang sibuk kuliah dan sekarang lagi ngerjain tugas akhir S2 alias thesis..!!! Ah, lagi pusing ngerjainnya, mending nulis blog untuk relaksasi pikiran ( bilang aja males :p ). By the way, semuanya serba berubah tampilannya karena sekarang sudah berada di tahun 2015…!! Yeaaaaah!! Selamat tahun baru 2015 (meskipun tulisan ini dibuat pada tanggal 4 Januari 2015), semangat baru, postingan baru…!!πŸ˜€

Oke, kali ini saya ingin membagikan suatu cara membuat ad-hoc di Windows 8/8.1. Sebenernya saya sudah menggunakan cara ini udah lamaaaa banget, mungkin dari waktu beberapa bulan ketika versi Windows 8 RTM sudah keluar, tapi ane baru ‘memberanikan diri’ saat ini untuk membagikannya lewat blog ini. But, it’s okay, kali aja masih ada yang membutuhkan. (πŸ˜€ ) Well, pastinya kalian sudah tahu kan apa itu fungsi dari Ad-Hoc? Yang sering main game pake LAN menggunakan wireless pasti sering menggunakan fungsi ini. Sayangnya, fungsi Ad-Hoc ini sudah ‘hilang’ di Windows 8 ataupun 8.1. Namun memang benar masih bisa digunakan dan tidak sepenuhnya hilang, yakni melalui perintah dalam Command Prompt. Nih perintah di Command Promptnya seperti ini :

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=<nama> key=<pass>
netsh wlan start hostednetwork

Tapi.. tapi.. tapi.. BT ga sih kalau setiap kali ini membuat Ad-Hoc harus menghafal dan selalu mengetikkan perintah yang panjang kyk gitu? Katakan TIDAK untuk hal kyk gitu (elaah lebay), karena sekarang bisa pake fungsi dalam batch file sehingga tinggal jalanin filenya langsung muncul tampilannya yang lebih memudahkan. Sekilas tentang batch file, Batch File adalah suatu script file yang berisi perintah-perintah yang dieksekusi atau dijalankan melalui command line oleh DOS pada Windows. Nah, perintah yang agak panjang tadi bisa dituliskan dalam file sehingga nanti bisa langsung dipanggil sekaligus. Nah, tanpa bertele-tele lagi, saya akan langsung memberikan source code batch file yang telah saya buat untuk membuat ad-hoc di Windows. Dikarenakan source codenya panjang, maka saya taro di Pastebin.
Link :Β http://pastebin.com/PBMWBpKj

Copy seluruh source codenya dan Paste dalam Notepad, kemudian Save dengan nama dan lokasi yang diinginkan ( misalkan di direktori D: ). Jangan lupa menggunakan ekstensi atau akhiran .BAT ketika menyimpannya (hapus ekstensi .TXT dan ganti dengan .BAT). Nah, file ini harus dijalankan dengan Run As Administrator, namun cara yang lebih mudahnya lagi adalah dengan membuat shortcut ke desktop, kemudian klik kanan pada file shortcut tersebut, pada tab Shortcut klik tombol Advanced, dan berikan checklist pada Run as administrator dalam jendela Advanced Properties, seperti terlihat pada gambar 2.

Create shortcut and run as administrator

Fig 2. Edit properties to run as administrator

Sekarang tinggal jalankan aja file shortcut yang ada di desktop kamu dan selamat membuat ad-hoc dengan mudah. Semoga tulisan ini dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.πŸ˜€

Fig 3. An overview when Ad-hoc is running

Fig 3. An overview when Ad-hoc is running

Catatan : kalian bebas mengubah dan membagikan kembali source codenya kok.πŸ˜‰

 
1 Comment

Posted by on 4 January 2015 in Seputar Komputer

 

Tags: , , , , , ,

One response to “Membuat Ad-Hoc di Windows 8/8.1 Menggunakan Batch File

  1. ardian

    19 November 2015 at 6:22 pm

    Terima kash gan. izin copy.πŸ˜€

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: