RSS

Menangani Masalah Install Power 4 Gear Asus

03 Jan

Selamat datang di Damai Subimawanto’s blog..!! :D

Kali ini saya akan mencoba men-share pengalaman saya tentang masalah menginstall driver Asus, yaitu Power 4 Gear (P4G). Bermula ketika saya mencoba untuk melakukan fresh install notebook Asus saya (A42JC) untuk dual boot dengan menginstall OS Windows 7 (64 bit) dan Hackintosh Snow Leopard (lihat cara install hackintosh A42JC di sini). Ketika itu saya telah menginstall seluruh driver untuk Asus saya ini, tidak terkecuali dengan software Power 4 Gear, sebuah aplikasi untuk mengatur sumber daya notebook. Setelah beberapa kemudian, jauh setelah saya menginstall Windows 7 dan Snow Leopard, entah mengapa shortcut untuk berpindah mode baterai yang disediakan di P4G ini tidak bisa digunakan, baik langsung dari launcher-nya maupun dengan menekan tombol Fn+Space. Hal ini membuat saya frustasi karena saya jadi tidak bisa menggunakan mode High Performance untuk bermain game. :(

Setelah itu, akhirnya saya memutuskan untuk me-reinstall software P4G nya, dan apa yang terjadi? Ketika saya mencoba untuk meng-install nya, selalu muncul pesan seperti ini :

Asus P4G's problem

Asus P4G’s problem

Mungkin masalah ini yang Anda alami, muncul pesan “The installer was interrupted before ASUS Power4Gear Hybrid could be installed,” dan pesan itu selalu muncul berulang-ulang ketika kita mencoba untuk menginstallnya. Wah, ini semakin membuat saya frustasi dengan masalah ini.. *banting2guling (ga gitu juga kali.. :p). Oke udah, kembali ke topik. Saya sudah mencari-cari di internet, namun tidak ada satu pun yang bisa mengatasinya. Bahkan saya sempat menanyakan ini ke Service Center Asus di websitenya, dan taukah solusi apa yang diberikan Technical Support tsb? “COBA ANDA INSTALL ULANG WINDOWS 7 ANDA” ( kiranya seperti itu perkataannya dikarenakan menggunakan bahasa Inggris :) ). “Aje gile ane disuruh nginstall ulang Windows ane, ga tau apa ane udah cape2 update nih windows sampe jadi SP1, butuh perjuangan beraaaaat..!,” begitulah yang terlintas di benak ane waktu ngebaca pesan itu. -_-

So, bagaimana mengatasi masalahnya..???!!! Oke. Oke.. Langkah-langkah yang ane lakukan waktu itu adalah :

  1. Masuk ke menu Run (tekan tombol icon Windows+R), ketik msconfig dan Enter. Di bagian tab Services, klik Disable All, lalu klik OK atau tekan Enter. Kemudian restart komputer Anda.
  2. Ketika sudah masuk kembali ke desktop windows Anda, jangan heran kalau tampilannya jadi super jadul buanget, ya emang begitu karena semua services nya di-disable all. hehe.. Setelah itu buka Explorer Anda, masuk ke : C:\Windows\System32\LogFiles\WMI Di dalam folder WMI itu, ada folder yang bernama RtBackup, hapus folder tersebut beserta isi-isinya. Pastikan sudah terhapus ya.. *)
  3. Kemudian restart kembali komputer Anda.
  4. Setelah masuk ke dalam desktop windows, lakukan langkah ke-1, namun klik Enable All, lalu klik OK atau tekan Enter. Restart.

*) Jika folder RtBackup tidak bisa dihapus: (Cara 1) Jika Anda punya dual boot, seperti Linux atau Mac atau bisa juga menggunakan Live CD OS lain yang bisa mengakses folder, hapus folder RtBackup melalui media tersebut. Pengalaman saya, ketika sudah menghapusnya, buat folder kosong yang bernama sama “RtBackup”, hal ini untuk mencegah kembalinya file di dalamnya muncul kembali akibat System Restore pada Windows kita. Jika sudah, langsung ke langkah ke-3.

(Cara 2) Jika cara 1 tidak bisa dilakukan, maka Anda harus masuk ke Windows dengan privilege sebagai Administrator. Caranya adalah: Buka Command Prompt (CMD) dengan cara klik kanan pada CMD lalu pilih Run As Administrator. Lalu ketikkan “net user administrator /active:yes“, tanpa tanda kutip. Anda akan melihat pesan bahwa perintah berhasil diselesaikan. kemudian Log out, dan sekarang Anda akan melihat account Administrator sebagai pilihan. Kemudian masuk sebagai Administrator dengan meng-klik user tersebut, seperti pada gambar di atas. Tunggu hingga tulisan Preparing Your Desktop selesai. Setelah itu, kembali ke langkah ke-2 untuk menghapus isi dari folder RtBackup, dengan tanpa masalah. :D

Kemudian install software Power 4 Gear yang sudah Anda download dan semoga berhasil..!! :)

Tampilan Power 4 Gear Hybrid

Tampilan Power 4 Gear Hybrid

Oiya..!!! Cara ini juga berlaku untuk mengatasi masalah pada modem USB yang tidak bisa connect ke internet, dengan pesan yang muncul “Error 711: bla.. bla.. bla..”

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian yang mengalami masalah yang sama dengan saya, yaitu masalah menginstall Power 4 Gear Hybrid dan masalah modem USB yang tidak bisa connect ke internet dengan pesan Error 711 tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya..!! :D

 
 

Tags: , , , , ,

27 responses to “Menangani Masalah Install Power 4 Gear Asus

  1. Raffaello Bryan

    4 March 2015 at 9:17 pm

    sudah berhasil di instal gan power hybrid nya tapi kok gadgets nya gak fungsi , dan di pada saat welcome di windows itu ada tulisan “this program can only execute by asus” . gimana solusinya gan , terimakasih.

     
    • damaisubimawanto

      5 March 2015 at 10:12 pm

      Untuk masalah gadget nya, apakah jendela aplikasi P4G nya bisa dijalankan ya?

      Untuk masalah tulisan “this program can only execute by asus”, apakah driver ATK Package nya sudah terinstall? Kalo ane waktu pertama kali install ulang windowsnya, driver ATK Package harus diinstall pertama kali, baru driver2 lainnya. Pake cara seperti itu, ane engga pernah ngalamin masalah yg lain.

      Oiya, windows berapa ya yg sedang ente pake?

       
      • Raffaello Bryan

        6 March 2015 at 5:43 pm

        aplikasi p4g nya gak berfungsi gan , cuman muncul aja tapi gak bisa di setting dan lain sebagainya.

        ATK Package nya sudah terinstal gan.

        saya pakai windows 7 ultimate

         
      • damaisubimawanto

        9 March 2015 at 12:43 am

        @Raffaello Brayn: coba update driver ATK Package dan P4G nya ke yg paling terakhir, langsung dari website Asusnya gan untuk laptop agan.

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: