RSS

Manusia dan Keadilan

21 Apr

Selamat datang di Damai Subimawanto’s Blog…!!😉
Tema penulisan saya kali ini adalah tentang apa sih hubungannya manusia dengan keadilan. Pertama-tama saya akan mencoba menerangkan atau menjelaskan apa itu keadilan. Keadilan menurut definisinya, merupakan kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang.(*) Artinya keadaan atau kondisi yang berlandaskan kepada moral-moral yang baik yang berada di dalam masyarakat sehingga tercipta sesuatu yang berimbang atau ideal.

Keadilan

Lantas, apa saja sih keadilan yang ada di dalam lingkungan masyarakat ini? Seperti yang dikutip dari salah satu blog abra139210, keadilan itu dibagi menjadi 3 bagian.

  • Keadilan Legal atau Keadilan Moral
    Plato berpendapat bahwa keadilan dan hukum merupakan substansi rohani umum dan masyarakat yang membuat dan menjaga kesatuannya. Dalam suatu masyarakat yang adil setiap orang menjalankan pekerjaan yang menurut sifat dasamya paling cocok baginya (The man behind the gun). Pendapat Plato itu disebut keadilan moral, sedangkan menurut Sunoto menyebutnya keadilan legal. Keadilan timbul karena penyatuan dan penyesuaian untuk memberi tempat yang selaras kepada bagian-hagian yang membentuk suatu masyarakat. Keadilan terwujud dalam masyarakat bilamana setiap anggota masyarakat melakukan fungsinya secara baik.
  • Keadilan Distributif
    Aristoles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama secara tidak sama (justice is done when equals are treated equally). Sebagai contoh, Ali bekerja 10 tahun dan Budi bekerja 5 tahun. Pada waktu diberikan hadiah harus dibedakan antara Ali dan Budi. yaitu perbedaan sesuai dengan lamanya bekerja. Andaikata Ali menerima Rp. 100.000.- maka Budi harus menerima. Rp 50.000. Akan tetapi bila besar hadiah Ali dan Budi sama justru hal tersebut tidak adil.
  • Keadilan Komutatif
    Keadilan ini bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum. Bagi Aristoteles pengertian keadilan itu merupakan asas pertalian dan ketertiban dalam rnasyarakat Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrim menjadikan ketidakadilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.

Dari ketiga keadilan-keadilan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa manusia berperan penting dalam menciptakan dan menjalankan fungsi dari keadilan. Keadilan terwujud dalam masyarakat bilamana setiap anggota masyarakat melakukan fungsinya secara baik. Alahkah baiknya bila manusia menghormati dan mengamalkan keadilan-keadilan yang fungsi sebenarnya keadilan itu sendiri adalah untuk mensejahterakan manusia itu sendiri.

Sekian tulisan saya mengenai tema Manusia dan Keadilan ini. Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang tepat. Terima kasih udah pada nengok ke blog ane ya gan dan sis.. ^^

Referensi : (*) Wikipedia Indonesia

 
Leave a comment

Posted by on 21 April 2011 in Tugas Kuliah

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: