RSS

Manusia dan Penderitaan

25 Mar

Selamat datang di Damai Subimawanto’s Blog..!! Dalam penulisan kali ini saya akan mencoba menjabarkan tentang penderitaan yang sering dialami oleh seorang manusia. Mengapa saya mengambil tema ini? (ya karena salah satunya ini merupakan tugas dari salah satu mata kuliah saya.. LOL ^^ ). Okeh, here we go..!!

 

Penderitaan tidak selamanya buruk

Manusia pada hakikatnya hanya bisa merasakan apa yang namanya kenikmatan dan penderitaan. Kenikmatan, seperti yang telah saya jabarkan pada tulisan sebelumnya merupakan sesuatu yang bersifat tentang indah, baik, bagus, elok, dan berseni. Namun, jika kita lihat pada persepsi tentang penderitaan, kita akan melihatnya dengan segala sesuatu yang bersifat buruk, menyedihkan, sengsara, dan sebagainya. Coba kita lihat tentang estimologi dari kata penderitaan: menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Seperti yang dikutip dari exalute.wordpress.com , penderitaan menanggung atau merasakan sesuatu lahir ataupun batin, Penderitaan termasuk realita dunia dan manusia intesitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat tidaknya suatu penderitaan, suatu pristiwa yang dianggap penderitaan seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain dapat pula suatu penderitaan menimbulkan energi untuk bangkit bagi seseorang atau sebagai langkah seseorang untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Jadi, kegagalan merupakan jalan menuju kesuksesan. Kegagalan (penderitaan) merupakan guru yang terbaik untuk menuju kebaikan dan kenikmatan (kebahagiaan). Tidak ada kesuksesan tanpa menempuh kegagalan terlebih dahulu. Jangan anggap penderitaan sebagai suatu yang buruk, menyedihkan, sengsara, dan sebagainya. Oleh karena itu, penderitaan tidak selamanya seperti itu selama kita mensikapinya sebagai sesuatu yang mempunyai hikmah di baliknya.

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaaat bagi yang membacanya. Terima kasih kepada pembaca yang telah berkunjung ke blog saya ini dan membaca tulisan saya yang sedikit tidak jelas ini.. hehehehe.. Sekali lagi, terima kasih…🙂

 
Leave a comment

Posted by on 25 March 2011 in Tugas Kuliah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: