RSS

Siapakah George Hotz?

18 Jan

George Hotz dengan Jailbreak iPhone-nya

Kalau saat ini kita menggunakan hanphone Iphone, dan telah men jailbreak dan mengcrack Iphone tersebut, mungkin kita tidak tahu siapa orang yang dibalik semua itu mengerjakan dan membuat program yang dapat membobol / meng crack program lain untuk menghapus limitasi dari sebuah program tersebut, dan saat ini, dalam waktu yang sangat – sangat dekat, kita mungkin dapat merasakan dapat memainkan game PS3 dengan menggunakan CD bajakan, kenapa ? karena orang ini kembali berhasil mengcrack PS3 tersebut hanya dalam waktu 5 minggu.

George Francis Hotz (Lahir pada 2 oktober 1989), memiliki nickname geohot, million75 atau singkatnya mil adalah seorang hacker muda berbakat yang telah meng hack the iPhone agar dapat menggunakan semua jenis carrier yang ada pada saat itu. Baru baru ini dia juga berhasil menghack PS3 untuk dapat memainkan game game bajakan dan kabarnya dia telah merelease exploit tersebut ke seluruh dunia dan membawa angin segar kepada para pemilik PS3 untuk dapat bermain menggunakan CD bajakan.

Bagaimana dia menghack Iphone ?

Saat Hotz membeli iPhone dia sudah tergabung dalam kelompok tim iPhone Dev sebuah tim khusus yang bertujuan menghack dan mengunlock Iphone saat itu, namun ntah kenapa saat itu di keluar dari tim tersebut. Saat itu dia meng estimasi kalau dia telah menghabiskan waktu lebih dari 500 jam untuk membuat unlock ini. Dengan tujuan utamanya dia agar semua user dapat mengunlock Iphone mereka masing masing.

Saat itu Hotz menukarkan iPhone 8GB nya kepada Terry Daidone, yang merupakan seorang founder dari Certicell, dengan sebuah mobil Nissan 350Z car dan juga 3 buah iPhones 8GB terbaru. Semenjak itu, Hotz yang menggunakan teknik khusus dalam hacking ini dari teknik hardware based unlocking diubah menjadi software unlocking yang tidak memerlukan bongkar iPhone.

George Hotz juga yang merilis software pertama untuk mengunlock boot loader iPhone terbaru iPhone versi  4.6 dengan menggunakan teknik “testpoint based hardware unlock”, kemudian George memberikan hack tersebut kepada iPhone Dev Team yang menjadikanya hack yellowsn0w dan ini adalah sebuah hacking tools pertama untuk unlock iPhone 3G saat itu. Dalam sourcecode YellowSn0w, terdapat marking 3G unlock daemon, yang tertulis “thanks geohot for at+stkprof 02.28 injection vector“.

Pada 3 Juli 2009, Hotz mengumumkan lagi purplera1n, yang merupakan sebuah software exploit untuk men jailbreak iPhone 3GS, Jailbrake ini adalah sebuah teknik yang akan membuat iphone anda dapat menginstall software bajakan, walaupun software tersebut tidak berasal dari iTunes. Pada 11 Oktober 2009, tepatnya jam 3:33AM Hotz merilis lagi blackra1n, kali ini software ini mampu men jailbreak semua jenis iPhones dan iPod Touch (kecuali iPod Touch 3G 8GB).

Setelah iPhone kini Playstation 3

 

Ruang Kerja Hacker George

Akhir tahun 2009 Hotz mengumumkan kalau dia ingin mencoba menghack Playstation 3. Hingga saat itu, PS3 menjadi game console yang sangat aman dengan sistem lock  nya saat itu juga banyak para hacker mengatakan kalau PS3 ini sangat mendekati dengan unhackable. Lalu Hotz membuat sebuah blog untuk mendokumentasikan hasil kerjanya dan 5 minggu kemudian pada tanggal 22 Januari 2010, dia telah berhasil menghack PS3 dengan membuat posting di blognya dengan judul “Hello hypervisor, I’m geohot”. Hotz mengklaim kalau dia berhasil mendapatkan “read/write access kedalam seluruh sistem memory, dan juga HV level pada processor” game console tersebut. Hotz juga mengatakan kalau programnya ini nantinya dapat menggunakan PS3 homebrew, PS2 emulator dan yang terpenting lagi mengizinkan PS3 untuk memainkan game PS3 bajakan.

Pada 26 Januari 2010, akhirnya Hotz mengeluarkan exploit tersebut ke internet. Kabarnya untuk menghack PS3 dibutuhkan keterlibatan OS lain untuk mempatch kernel Linux dan mendapatkan akses untuk mengkontrol hypervisor. Hypervisor adalah sebuah sistem atau disebut juga dengan virtual machine monitor, yaitu sebuah sistem yang memungkinkan mesin menjalankan banyak Operating system secara bersamaan. Dengan bantuan FPGA dan menggunakan solder khusus berhasil mempatch OS yang ada di PS3. Hotz juga mengatakan kalau “Sony akan mengalami kesulitan untuk mempatch balik exploit tersebut”.

Pencapaian Hotz lainya ?

Hacker muda berbakat ini pernah menjadi finalis pada kompetisi ISEF pada tahun 2005, dengan projectnya yang disebut dengan “The Googler”. Bermain soal robot, Hotz juga pernah mengikuti kompetisi di sekolah bersama dengan tim Knights battlebots. George juga bekerja pada project, “Neuropilot,” yaitu sebuah sistem yang dapat membaca sinyal EEG dari kepalanya dengan menggunakan hardware dari OpenEEG project.

Hotz juga mengikuti kompetisi pada Intel International and Engineering Fair pada tahun 2007 dengan project yang berjudul “I want a Holodeck,” disitu dia mendapatkan banyak award dan hadiah pada beberapa ketegori. Forbes bersama PC world magazine juga mengatakan kalau Hotz adalah salah satu dari 10 Overachievers under 21. Pada bulan December 2007, Hotz pergi ke Sweden dan menghadiri Stockholm International Youth Science Seminar dan membicarakan soal 3-D imaging invention milikinya (yang disebut dengan project Holodeck) yang membuatnya mendapatkan hadiah hingga $20,000 dari Intel.

iPhone yang telah diunlock oleh Hotz

Sumber : TeknoInfo.web.id

 
4 Comments

Posted by on 18 January 2011 in Seputar Komputer

 

4 responses to “Siapakah George Hotz?

  1. Galoeh

    18 January 2011 at 4:01 pm

    nice info dude!!

     
  2. damaisubimawanto

    25 January 2011 at 3:15 pm

    yup..!!

     
  3. Ario Damar

    27 May 2011 at 8:12 am

    Your brain is perfect. You do not bother thinking about the weight of this life, but rather the life you pull so it all can fit in your game

     
  4. damaisubimawanto

    3 June 2011 at 10:23 pm

    @ario damar: i couldn’t agree more..!!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: