RSS

Begitu Dasyatnya Debu Merapi

06 Nov

Merapi, yang terletak di Yogyakarta, semakin hari semakin meningkat aktifitas letusannya, justru menghasilkan abu vulkanik yang semakin dahsyat. Abunya bisa terbang sampai ratusan kilometer dari tempat asalnya. Bahkan di kota-kota di Yogyakarta, rumah-rumah, jalanan, bandara, dan lain-lain sudah tertutupi abu vulkanik yang cukup tebal.

Bila dilihat ini seperti sedang musim salju di Indonesia terutama di Yogyakarta, karena abu yang menutupi berwarna putih. Tak bisa dibayangkan bagaimana masyarakat di sana bisa hidup dengan terus dihujani abu vulkanik. Sudah pasti akan bermunculan banyak penyakit di dalam masyarakat tersebut, terutama penyakit saluran pernapasan. Oleh karena itu, pemerintah dan para relawan terus berusaha untuk memberikan bantuan dan santunan kepada para masyarakat yang mengungsi berupa makanan, tempat tinggal yang layak, dan juga obat-obatan. Masyarakat di sana diminta untuk selalu menggunakan masker agar tidak terganggu saluran pernapasannya.

Berikut ini adalah foto-foto betapa dahsyatnya debu Merapi:

Gunung Merapi memuntahkan material vulkanik, terlihat dari Klaten, Kamis (4/11). (AP Photo/Irwin Fedriansyah) 

Penduduk menyelamatkan diri dengan motor setelah Gunung Merapi meletus lagi, Jumat (5/11). Pemerintah meluaskan zona bahaya menjadi 20 kilometer dari pusat kawah Merapi. (AP Photo/Achmad Ibrahim

Tim penyelamat mencari korban Merapi di Argomulyo, Yogyakarta, Jumat (5/11). (AP Photo/Trisnadi)

Tim relawan dan tentara di Argomulyo lari menyelamatkan diri setelah Merapi kembali meletus, Jumat (5/11). (AP Photo/Trisnadi)

Masyarakat melakukan aktivitas menggunakan masker saat melintas di Jalan Pangeran Diponegoro, Yogyakarta, Jumat (5/11). Erupsi Gunung Merapi yang kembali terjadi pada Kamis (5/11) mengeluarkan debu vulkanik yang menyelimuti Kota Yogyakarta, sehingga masyarakat diimbau menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan akibat debu vulkanik. (Foto ANTARAWahyu Putro A)

Seorang anak berjalan di antara pohon yang tumbang di jalan lingkar Muntilan, Jawa Tengah, Jumat (5/11). Banyak pohon tumbang di beberapa wilayah Muntilan akibat hujan abu vulkanik dari Gunung Merapi. (Foto ANTARA/Wihdan Hidayat)

Sumber foto: http://id.news.yahoo.com/yn/20101105/tid-dahsyatnya-abu-merapi-a143c86.html

 
Leave a comment

Posted by on 6 November 2010 in Pengetahuan Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: