RSS

4. Pemuda dan Identitas

28 Oct

Dalam menyambut hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2010 ini, saya ingin mengucapkan selamat hari Sumpah Pemuda. Hidup pemuda Indonesia..!! Maju terus pemuda Indonesia..!!😀

Well, tulisan saya kali ini akan sedikit membahas mengenai pemuda-pemuda di Indonesia dan apa yang melatarbelakangi terbentuknya identitas di dalam  diri pemuda-pemuda Indonesia. Pemuda atau yang lebih akrab kita sebut remaja merupakan generasi penerus bangsa yang seharusnya bisa menjadi cikal bakal suatu negara menjadi negara yang lebih maju. Namun apa yang terjadi di dalam remaja Indonesia belakangan ini?

Banyak sekali ramaja Indonesia yang terjerumus ke dalam “lingkaran hitam dunia”. Tak heran kita sering mendengar banyak remaja yang terjerumus dalam pergaulan bebas (seks), narkoba, tawuran, dan lain sebagainya. Dalam benak kita pasti bertanya, kenapa dan apa yang menyebabkan mereka melakukan hal seperti itu semua? Tapi saya tidak akan menjelaskan secara terperinci alasannya. Intinya, pergaulan yang salah yang menyebabkan itu semua. Ya tidak bisa dipungkiri bahwa arus globalisasi dan media komunikasi seperti internet juga mempengaruhi mereka. Secara tidak sadar mereka telah membentuk identitas yang buruk untuk diri mereka sendiri.

On the other hand, tidak sedikit pula remaja-remaja Indonesia yang menghasilkan prestasi dan karya-karya yang menakjubkan untuk bangsa Indonesia ini. Mereka bahkan bisa mengharumkan nama Indonesia di negeri orang. Mereka bisa melakukan itu semua karena pengaruh atau lebih tepatnya mendapat dukungan dari orang sekitarnya, namun mereka bergaul dengan orang yang tepat.

Nah yang perlu saya tekankan di sini adalah yang melatarbelakangi pembentukan identitas seorang pemuda atau remaja di dalam masyarakat adalah bagaimana dia berhubungan dengan orang-orang di sekitarnya sehingga dia bisa dinilai oleh masyarakat. Agar tercipta identitas yang baik, maka kita harus mencari pergaulan yang baik pula, jangan sampai terpengaruh oleh “lingkaran hitam dunia”, karena sekalinya kita sudah terpengaruh maka sulit untuk melepaskan diri. Peran media massa juga bisa berpengaruh dalam pembentukan identitas yang baik pula, begitu pula peran keluarga dan orangtua yang sangat dominan  terhadap pembentukan identitas yang baik.

Demikianlah tulisan saya mengenai pemuda dan identitas di mata masyarakat, sekiranya bisa menjadi pertimbangan kita semua untuk memilih identitas mana yang kita mau sebagai remaja atau pemuda pada saat ini. Terima kasih.. ;-D

 
Leave a comment

Posted by on 28 October 2010 in Tugas Kuliah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: