RSS

Komputer Tablet Seharga Rp 1 Juta

07 Oct

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON–Organisasi Satu Laptop Per Anak atau One Laptop Per Child (OLPC) telah diberi dana 6,6 juta dolar AS untuk mengembangkan komputer tablet versi pendidikan. Dana tunai itu datang dari pembuat prosesor Marvell yang menjadi pendukung dan sponsor organisasi itu awal tahun 2009.

OLPC mengatakan, Rabu waktu setempat (6/10), bantuan itu berarti semua dana untuk pengembangan komputer. Menurut OLPC, pengembangan pertama komputer tablet itu akan diperlihatkan pada pameran Consumer Electronics Show Januari 2011.

Dana tunai yang diserahkan Marvell akan mengembangkan versi komputer tablet dari XO, komputer yang dirancang untuk mendorong pendidikan di negara-negara berkembang.

Mesin komputer itu diberi kode XO-3 karena menjadi produk ketiga yang dihasilkan OLPC. Sebelumnya organisasi ini menghentikan rencana membuat XO-2 yang dirancang menjadi buku elektronik.

Prototipe awal dari XO-3 kemungkinan akan didasarkan pada mesin Moby yang telah dibuat Marvell. Produk akhir XO-3 akan siap tahun 2012.

OLPC membuat komputer tablet ini untuk membuat laptop hanya seharga 100 dolar AS atau sekitar Rp 1 juta yang bisa dibeli dalam jumlah besar untuk negara-negara miskin yang berkeinginan agar anak-anak menggunakan komputer.

Produk akhir OLPC tahun 2007 akhirnya seharga 199 dolar AS (kurang dari Rp 2 juta) dan tidak dijual dalam jumlah besar seperti keinginan semula. Sampai sekarang 1,4 juta laptop XO telah diedarkan.

Wah, sangat cocok untuk para pelajar-pelajar SMP atau SMA  maupun mahasisiwa yang doyan menggunakan komputer. Bahwasanya selain bentuknya yang kecil, murah meriah dan mudah dibawa ke mana-mana, komputer genggam ini diyakini cukup lihai dalam proses pengolahan kata, apalagi kalau dibuat untuk menulis blog seperti yang saya lakukan ini.😉

 
Leave a comment

Posted by on 7 October 2010 in Seputar Komputer

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: