RSS

Sejarah Rubik’s Cube

26 Sep

 

RUBIK’S CUBE atau kubus rubik, adalah permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki enam warna pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Ernö Rubik, seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria, puzzle ini memulai kemunculannya di toko-toko mainan dengan nama büvös kocka (magic cube). Mulai tahun 1980, setelah laris manis di negaranya sendiri, atas permintaan distributor namanya berganti menjadi rubik’s cube dan dijual ke berbagai belahan dunia.

Dengan segera, rubik’s cube menciptakan sensasi internasional. Setiap orang ingin memilikinya. Deman ini menjalar baik pada anan-anak maupun dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia memiliki konsep yang sederhana, elegan, namun secara mengejutkan sulit untuk diselesaikan. Hingga pada tahun 1982 saja, terhitung sudah lebih dari 100 juta buah rubik’s cube terjual. Ernö Rubik menjadi salah satu red millionaire pertama di dunia, yaitu warga dari negara komunis yang bisa menjadi kaya dari penghasilannya sendiri.

Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik, di antaranya American Rubik’s Cube Championship (November 1981), United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), Canadian Rubik’s Cube Championship (Maret 1982), dan Dutch National Rubik’s Cube Championhip (April 1982). Puncaknya, pada bulan juli 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik’s Cube World Championship di Budapest, di mana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh rubik’s cube. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun dari Los Angeles, Minh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik.

Ketertarikan publik pada rubik’s cube mulai memudar menjelang tahun 1990. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikannya, mengingat keterbatasan informasi saat itu. Sebagian lagi tertarik dengan kehadiran video game elektronika yang lebih modern. Namun hingga hari ini, lebih dari 300 juta rubik’s cube telah terjual (belum termasuk merk-merk tiruannya!), menjadikannya diakui sebagai permainan puzzle terlaris di dunia. Bahkan rubik’s cube juga disebut-sebut sebagai mainan terlaris sepanjang masa, berdampingan dengan si cantik boneka Barbie.

Dengan kemunculan internet, rubik’s cube akhirnya bangkit dari tidur panjangnya. Pada tahun 2000, petunjuk untuk menyelesaikan rubik’s cube telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik’s cube pun melanda untuk kedua kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua diadakan di Canada.

Sampai hari ini, ketertarikan dunia pada rubik’s cube bertumbuh dengan pesat, bahkan lebih besar dari tahun-tahun awal kemunculannya. Menurut distributor resmi rubik’s cube di Indonesia, dalam beberapa bulan terakhir di negara kita pun telah terjual 10.000 buah rubik’s cube! Angka yang fantastis.

Rubik’s cube dipandang sebagai permainan yang positif, terjangkau, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat. Sangat membanggakan bila dapat menjadi jagoan rubik’s cube. Teknik-teknik untuk menjadi semakin ahli dalam menyelesaikan permainan ini memang telah banyak tersebar di internet. Sayangnya, cukup sulit untuk menghubungkan tutorial yang bertebaran tersebut menjadi tahapan jelas yang harus ditempuh oleh mereka yang ingin menjadi jago

 

Dikutip dari: buku berjudul Tip & Trik Jago Main Rubik, karangan Wicaksono Adi, diterbitkan oleh Gradien Mediatama

 
Leave a comment

Posted by on 26 September 2010 in All About Rubik

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: